Kamis, 03 Oktober 2013

Jual Piano Bekas (Bandung) Kondisi Prima

"Dalam proses belajar piano,IQ,EQ dan SQ akan terasah dengan baik,,nantinya menjadi seorang pianis adalah bonus" atau bisa dibalik bagi orang tua yang sudah mengerti.."Dalam proses meningkatkan IQ,EQ dan SQ melalui belajar piano, maka kemampuan anak dalam memainkan piano pun akan terasah dengan baik,menjadi pianis hanya merupakan bonus"..dua pendapat ini sama benarnya, tapi alat piano yang dipakai pun tidak bisa sembarangan pakai,banyak orang tua yang tidak mengerti dengan akibat yang terjadi jika anak belajar piano dengan alat yang salah,banyak orang tua yang beranggapan anak cukup dibelikan keyboard sebagai sarana dalam belajar piano dengan alasan murah atau orang tua punya kepentingan lain dengan alat tersebut (biasanya orang tua merasa lebih tertarik dengan keyboard karena lebih meriah,mempunyai feature suara yang banyak dan rhytm pengiring "one man band show".Para orang tua merasa takut membeli piano yang mahal dan dikategorikan barang mewah,jangan takut ! Kami bisa memecahkan masalah tersebut dengan menjual piano bekas yang kondisinya prima, Kami  menjual piano tidak sembarangan menjual, piano yang kami jual harus dalam kondisi yang siap pakai dan fit minimal 95% ( kalo 100 % namanya piano baru), piano bekas yang kami jual telah di rapikan,diperiksa dan diperbaiki oleh ahlinya kembali ke kondisi 90-95% sampai benar2 layak dipakai, jangan disamakan istilah rekondisi ini dengan istilah rekondisi di barang2 elektronik yang sistimnya kanibal dari barang sejenis lainnya, piano rekondisi adalah piano bekas yang parts nya direset oleh ahlinya ke kondisi awal yang sangat presisi. Jadi hasilnya kembali fit dan sangat layak untuk dipakai lagi.Ahli ahli perbaikan piano independen yang tidak terikat dealer/toko banyak dan bertebaran di kota Bandung tercinta ini,atau dikota2 besar lainny,dan dijaman teknologi internet dan toko on line ini parts yang jarang bisa di pesan ke luar negeri,minimal Singapore dengan sangat mudah dan murah !!mengenai perbedaan musim dari mana piano itu berasal jangan terlalu dikhawatirkan,walaupun berasal dari negara 4 musim yang tingkat kelembabannya rendah,pianoyang berada di negara tropis yang tinggi tingkat kelembabannya bisa dipasang heater atau tabung pemanas supaya tidak lembab. Umur piano bukan patokan dalam menentukan kondisi piano, piano tua yang terawat akan lebih bagus kondisinya dibandingkan piano muda yang tidak terawat.Anda yang sering bepergian ke Eropa akan dapat melihat piano piano tua warisan dari kakek buyutnya yang berusia diatas 100 th masih sangat layak dipakai oleh cucu atau cicitnya (klik http://www.pianoshop.co.uk/ lihatlah faktanya piano piano berumur 70-150 th masih bisa di pakai dan laku dijual) .
Piano Upright antik W.Naessen Rich Lipp Und Sohn th 1920 sedang di renovasi,perhatikan sistem mekaniknya yang tidak berubah sampai ke piano modern saat ini. Parts piano antik ini bisa diganti dengan parts piano modern per set/bukan sistem kanibal atau main copot begitu saja
Dalam jangka waktu hampir 120 th sistem mekanik piano tidak banyak mengalami perubahan yang berarti,jadi dalam perawatan pun sangatlah mudah,proses perbaikan dan penggantian parts pun sangat mudah. Jika dirawat piano umurnya bisa mencapai 150 tahun dan parts yg rusak karena pemakaian bisa diperbaharui per bagian oleh parts piano modern yang notabene tidak ada perbedaan mencolok antar merk, malah Grand Piano bisa lebih panjang lagi umurnya karena terbuat dari bahan kayu yang lebih tebal dan kuat. Dalam banyak kasus yang saya temui, piano2 Jerman buatan tahun 1910-1920 an malah lebih kuat daripada piano buatan tahun 1990an. Karena kualitas piano mencapai puncaknya pada tahun 1910-1920an, bahan dasarnya terbuat dari kayu2 pilihan yang proses pembuatannyapun sangat sempurna. Saat itu dunia masih dalam keadaan damai dan tentram,pabrikan membuat piano dengan ukuran kekuatan untuk 3 generasi, belum ada regulasi penebangan kayu,bahan2 alam masih mudah didapatkan,piano dibuat dengan kualitas bahan yang maksimal,,akhirnya,saat berkecamuk Perang Dunia,produksi piano mengalami kemacetan,muncul kembali pertengahan tahun 1940 an dengan bentuk minimalis dan massal,piano2 upright ukuran besar dan sangat tinggi pun punah,yang ada adalah produksi piano modern dengan bentuk minimalis dan massal. Perlu diketahui,telah ada hampir 12 ribu merk piano sejak awal abad ini hingga saat ini, dalam memilih piano tidak mesti memilih merk yang terkenal (merk terkenal bisa menyebabkan harga lebih tinggi  dari merk biasa yang sejenis).
Di negara negara majupun piano rekondisi sangat diminati karena murah tapi kondisinya layak dipakai (piano tua yang umurnya ratusan tahun pun bisa kembali prima 95%),anda bisa lihat2 diinternet /google search dengan keyword "piano restoration" atau" restrored piano". Bebarapa link bisa di klik : http://www.pianorestoration.com/http://www.antiquepianoshop.com/restoration-services/http://www.grandamericanpiano.com/faqs.html, atau 
http://www.pianorestorations.co.uk/..

Ada 3 istilah yang membedakan tentang piano yang bukan baru dari toko/dealer,yaitu PERBAIKAN,REKONDISI dan MEMBANGUN KEMBALI. Istilah "perbaikan" lebih ke memperbaiki bagian2 tertentu parts yang rusak rusaknya saja,sedangkan istilah "rekondisi" hanya merapikan bagian bagian tertentu karena partsnya masih sangat bagus,tanpa penggantian parts karena oleh ahlinya dinilai parts masih berfungsi dengan baik,kalo istilah "membangun kembali'  maknanya lebih ke menempatkan piano bekas ke kondisi yang benar2 baru seperti keluar dari pabrik.
Piano pada umumnya dibagi dalam 2 jenis dimensi, yaitu piano tegak/ upright dan piano grand/vlugel
(Jerman)/flugel (Belanda)
Piano tegak/upright, berbentuk vertikal dengan bentangan senar dari atas kebawah terbagi lagi menjadi 4 jenis:
Spinet, piano terpendek yang berukuran 36-38 inchi (1 inchi=2,54cm) dengan lebar 58 inchi,jenis ini dipilih oleh orang2 yang tinggal di apartemen sempit atau yang tinggal di kamar kos an, karena ukurannya yang sangat kecil, kelemahannya adalah kualitas suara yang cempreng,serta konstruksi yang kurang kokoh.
Konsol, agak lebih tinggi dari spinet berukuran 40-43 inchi dan lebar 58 inchi.
Studio, agak lebih tinggi dari konsol berukuran 45-48 inchi, kualitas suara sudah agak lebih baik dari Spinetdan Konsol karena senarnya sudah lebih panjang, konstruksi dan jenis kayunya sudah lebih kokoh.
Upright, jenis paling tinggi yang berukuran 50-60 inchi, kualitas suara dan kostruksi sudah sangat sempurna karena mempunyai senar yang panjang serta konstruksi dan kayu berkua litas, kalo dirawat umurnya bisa sampai 200tahun.

Piano Grand, piano yang berbentuk horizontal seperti meja. Piano jenis ini paling dianjurkan
untuk dimiliki oleh pianis profesional karena kualitas suara, daya tahan, kualitas bahan serta efek yang dihasilkan untuk jari dalam pembentukan menjadi seorang pianis yang handal
sangat membantu dikarenakan tutsnya lebih responsif. Jika dirawat umurnya bisa 200 tahun.Tidak percaya??Faktanya masih banyak beredar piano piano buatan akhir abad ke 19 yang masih layak dipakai  (klik http://www.pianoshop.co.uk/ lihatlah faktanya piano piano berumur 70-150 th masih bisa di pakai dan laku dijual)!!!

Piano Grand terbagi dalam 6 jenis :
Petite Grand, panjang 4 kaki 5 inchi-4kaki 10 inchi (1 kaki=30,48cm), ini adalah jenis piano Grand yang paling pendek.
Baby Grand, panjang antara 4 kaki 11 inchi-5 kaki 6inchi, piano jenis ini termasuk favorit,  banyak dimiliki di perumahan mewah dan dimainkan dipesta2 perkawinan karena bentuknya yang estetis.
Medium Grand, panjang 5 kaki 7 inchi.Parlor Grand, panjang 5 kaki 11 inchi-6 kaki 1 inchi.
Semi Concert Grand, panjang 6 kaki 2 inchi- 7 kaki.
Concert Grand, panjang sampai 9 kaki, inilah piano grand yang terpanjang.


Apa jenis piano yang anda cari ?

Pertama yang harus di coba adalah "touch" nya, cobalah menekan tutsnya, bagaimana responnya? mekanik yang responsif akan membantu perkembangan jari dan kenyamanan jari dalam proses menjadi seorang pianis yang handal, responsif disini bisa dibayangkan dengan "melawan" saat tuts ditekan, dan palu memukul senar dengan cepat. Setelah masalah "touch" terselesaikan, kita beralih ke masalah warna atau karakter tone, bright /cempreng atau soft/lembut ? merk2 piano juga kadang membawa karakter masing2 tonenya, ambil contoh: merk2 buatan Jerman lebih berkarakter soft karena berkaitan dengan budaya musik klasiknya, Kawai buatan Jepang juga berkarakter soft, merk2 USA biasanya berkarakter bright karena berkaitan dengan budaya musik Jazz dan Countrynya, Yamaha juga kebanyakan berkarakter bright. Saya pribadi lebih senang yang berkarakter soft, karena karakter soft lebih bisa mempermainkan dinamika lagu yang dimainkan dengan syarat jari2nya harus sudah terlatih, tapi masalah karakter tone ini diserahkan kepada pribadi masing2.

Mulailah rencanakan dengan menyimpan dana atau memperkirakan piano bekas yang akan anda beli, jangan berpendapat "tunggu anaknya serius,baru dibelikan piano",jika anda berpendapat seperti ini sama dengan membuang waktu dalam pembentukan jari anak anda atau membiarkan langkah yang salah dengan membiarkan anak belajar di tuts keyboard yang sangat berbeda dengan tuts piano(efeknya sangat terasa,jari tidak ada perkembangan yang berarti),justru di awal belajar pianolah jari anak harus dibentuk dengan sangat hati hati di alat yang benar (di kalangan keluarga yang sangat mengerti piano,ada kalanya anak dilarang main/tampil memainkan keyboard jika anak itu sedang dalam pengawasan belajar piano klasik ). Jika dana sudah ada apa salahnya untuk membelikan yang terbaik untuk anak anda? abaikan gosip bahwa piano bekas itu tidak memadai (gosip tentang piano bekas tidak memadai bisa ditepis dengan mencoba piano seteliti mungkin oleh pemain piano/guru piano anak anda),dianjurkan membeli piano dari penjual yang bisa main piano atau ada pegawainya atau anggota keluarganya yang mahir memainkan piano (anda bisa membawa pianis ahli untuk mencobanya dengan teliti,biasanya penjual piano adalah juga seorang pianis,mintalah untuk demo permainan secara maksimal,demo tangga nada,arpegio dan kromatis serta lagu  full oktaf/ujung kiri tuts ke ujung kanan tuts ),piano itu barang kuat,,tidak bisa disamakan dengan kendaraan bermotor yang 5-10 th dikategorikan barang tua,umur 30 th untuk piano adalah umur muda !!piano itu termasuk BARANG INVESTASI!!  yang harganya tidak susut,tapi bisa ikut nilai uang! contoh kasus,,Yamaha U3H bekas harganya sekitar 21jt pada tahun 2001,tahun 2011 atau sepuluh tahun kemudian harganya meningkat menjadi 29jt Rupiah !!tahun 2013 karena Bahan Bakar Minyak naik,harganya naik lagi menjadi 31jt Rupiah (catatan: kalo dijual ke pemakai..kalo ke penjual beda lagi) !!, baca link ini http://umum.kompasiana.com/2010/03/14/iklan-di-kompas-sabtu-13-maret-halaman-32-tentang-piano-bekas-menyesatkankah-93198.html .Untuk piano Yamaha atau Kawai yang pasarannya ramai di negara kita,harga biasanya sama antar penjual,bisa beda 1-2 jt lebih tinggi atau lebih rendah...tapi!! yang utama..lihat kondisi pianonya..!!jangan sampai beda sedikit tapi kondisi jadi terabaikan (lebih baik mahal sedikit tapi kondisi benar benar bagus luar dalam )!! cobalah dengan teliti,piano itu walaupun type sama tapi rasa atau kecocokan bisa berbeda antara 1 sama lain karena dibuatnya semi "hand made"...!! bisa saja karena di tempat yang satu lebih murah sedikit..tapi pas dimainkan tidak cocok,,sesal kemudian tidak berguna..sekali lagi..saran saya ..dicoba sepuasnya..!! sengaja kami menyimpan stock bermacam macam dan jenis serta merk dan harga yang berbeda,supaya ada banyak pilihan..dan semua piano adalah benar benar pilihan yang terbaik, makanya hanya tersedia masing masing satu type.

Saran saya,belilah piano hanya untuk 1 kali seumur hidup, belilah piano yang terbaik,tidak usah yang mahal dan ber merk terkenal (tidak terkenal pun jika dicoba memenuhi syarat: suara enak sesuai selera,bentuk kokoh,rapi dan tidak ada cacat,sebetulnya sudah tidak usah ragu lagi untuk dimiliki ), jika anak betul2 serius dalam belajar piano disarankan memakai grand piano (hati-hati dalam membeli grand piano,karena grand piano identik dengan tuts yang keras kokoh dan bisa mempercepat pembentukan dan penguatan jari,sering ditemui grand piano yang tutsnya telah di rubah menjadi sangat enteng/ringan ditekan),karena mekanik grand piano adalah yang paling sempurna dalam membentuk jari yang kokoh dan kuat...silakan dipikirkan matang matang..sekali lagi,piano barang kuat yang tidak akan rusak dalam jangka waktu pendek (klik http://www.pianoshop.co.uk/ lihatlah faktanya piano piano berumur 70-150 th masih bisa di pakai dan laku dijual),dan yang telah di rekondisi ke kondisi 95% bisa kuat sampai 70 th ke depan(masih bisa dipakai oleh cucunya anak anda) !!dengan nilai investasi,akan menyesuaikan dengan harga uang di masa depan,pasti bisa dijual kembali dengan harga masa depan yang lebih tinggi dari saat beli (walau tidak secepat menjual motor atau makanan) atau sambil piano dipakai bisa saja sambil anda iklankan di iklan iklan internet,atau istilahnya "jual santai" dengan harga pasaran atau sedikit lebih tinggi dari saat beli..!!!

Jari anak akan terbentuk dengan baik jika sarana belajarnya tepat !! lihatlah video2 dari murid2 saya,walaupun mereka belajar baru kurang dari 2 tahun tapi dengan belajar di alat yang tepat jari2nya terbentuk kuat,lentur dan kokoh :

1. Kafin 10 th,baru belajar piano jazz kurang dari 2th tapi sudah bisa bermain piano jazz dengan improvisasi bebas,dia berlatih dengan memakai piano Baldwin di rumahnya..silakan klik atau copas linknya di panel atas browser:

http://www.youtube.com/watch?v=ZZiS50YJ9AA&feature=youtu.be&list=UU9i6R_nH8aLApMLQZ5Sqmwg



2. Masih Kafin 10th memainkan lagu Take the a train,sebuah komposisi jazz karya Duke Ellington beserta improvisasi bebas nya :

http://www.youtube.com/watch?v=MvX1totGw8I&list=UU9i6R_nH8aLApMLQZ5Sqmwg&index=3


3. Jeremmy, umur 7 th sudah berlatih "scale connection" yaitu latihan mencampur pola2 dasar improvisasi di piano Belton.. silakan klik/ copas link ini di panel browser:

http://www.youtube.com/watch?v=V_inQRnVJns&index=1&list=UU9i6R_nH8aLApMLQZ5Sqmwg


4.Kafin 10th jam session  dengan Israel Varela drummer Pat Metheny

http://www.youtube.com/watch?v=mVFs32Y6s68




hashtag:  #piano bekas, #piano bandung, #toko piano bandung, #piano yamaha bandung,# jual piano bandung, #piano antik, #piano eropa, #piano jerman







Tidak ada komentar: